Dukung Pengembangan UMKM, Bupati Samosir Serahkan Bantuan

Untuk mendorong pengembangan UMKM, Bupati Samosir Vandiko T Gultom memberi bantuan kepada 21 UMKM di Taman Sitolu Hae Horbo, Pangururan, Sabtu (16/12/2023).

topmetro.news – Untuk mendorong pengembangan UMKM, Bupati Samosir Vandiko T Gultom memberi bantuan kepada 21 UMKM di Taman Sitolu Hae Horbo, Pangururan, Sabtu (16/12/2023).

Turut hadir, Asisten III Waston Simbolon, Kadis Kopnakerindag Rista Sitanggang, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Plt Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom, Kadis PMPTSP Pilippi Simarmata.

Penyerahan berlangsung usai Bupati Samosir melaunching pemasaran produk UMKM Samosir melalui ritel modern (AlfaMidi).

Kadis Kopnakerindag Rista Sitanggang menyebutkan, bantuan peralatan produksi (alat pertukangan) diberikan kepada pelaku UMKM yang bergerak di bidang kerajinan kayu, bambu dan bayon. Bantuan rak display/promosi produk UMKM di destinasi wisata. Selain itu juga ada bantuan berupa mesin pembuat mie, ATBM, dan mesin jahit.

Vandiko Gultom mengajak pelaku UMKM untuk berani serta mampu untuk bersaing dengan produk-produk luar. UMKM diharapkan menyediakan aneka macam produk lokal yang siap dijadikan sebagai santapan maupun oleh-oleh yang akan dibawa pulang wisatawan.

“Mari kita satukan langkah untuk pengembangan UMKM ini. Mari bersinergi untuk meningkatkan taraf hidup dan peningkatan perekonomian, kesejahteraan. Mari tingkatkan kreatifitas, kita jadikan UMKM naik kelas,” kata Bupati.

Lebih lanjut, Vandiko mengatakan agar pelaku UMKM tetap berkarya, mengedepankan kecintaan terhadap Kabupaten Samosir. Mempertahankan serta meningkatkan citra masyarakat Samosir yang terkenal dengan keragaman kreasi budaya.

Perwakilan penerima bantuan, G Simbolon berterima kasih atas bantuan tersebut. Ia berharap bantuan tersebut dapat meningkatkan kreatifitas dan peningkatan perekonomian.

“Terima kasih kepada Bupati Samosir atas bantuan yang diberikan. Semoga bisa menuntaskan kemiskinan di Kabupaten Samosir,” kata G Simbolon.

Ia juga berharap Pemkab Samosir tetap memberikan perhatian kepada seluruh UMKM.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment